drawing of a cat


Pengertian Laser Distance Meter

 


LASER DISTANCE METER

Jarak adalah angka yang menunjukan seberapa jauh suatu benda berubah posisi melalui suatu lintasan tertentu. Jarak yang ditempuh oleh kendaraan, orang, atau objek, haruslah dibedakan dengan jarak antara titik satu dengan yang titik yang lainnya. Biasanya jarak diukur menggunakan alat yang disebut dengan pita pengukuran, yang biasanya dipakai oleh masyarakat Indonesia.

Dengan perkembangnya zaman, banyak alat yang bisa memudahkan pekerjaan manusia. Oleh karena itu dibutuhkan alat yang bisa mengukur jarak dengan mudah. Seperti pada alat Distance meter yang digunakan untuk mengukur jarak dari titik satu dengan yang titik yang lainnya. Dengan adanya alat Distance Meter pengguna dapat mengukur jarak dengan mudah menggunakan sinar laser.

Pengertian Distance Meter
Distance Meter adalah alat yang berfungsi untuk mengukur jarak tertentu dari suatu titik ke titik lainnya. Alat ukur ini menggunakan laser yaitu dengan hanya mengarahkan laser ke batas jarak yang ingin diukur. Alat ini dapat menunjukan dengan cepat hasil dari pengukuran jarak atau titik dari suatu jarak ke objek lainnya.

Alat ukur Distance Meter banyak digunakan pada industri, yang profesinya berkaitan pada bidang kontruksi. Untuk jangkauan serta nilai tingkat akurasi dari sebuah laser distance meter tergantung dari pada kondisi cahaya dan juga reflektifitas dari objek target pengukuran.

Kegunaan Distance Meter
Alat ini digunakan untuk mengukur jarak dari suatu titik atau objek ke titik lainnya. Selain itu alat ini juga bisa digunakan untuk :
  • Dapat Mengukur sudut dan fungsi stake out.
  • Mengukur jarak seseorang, jarak lokasi serta luas dan juga untuk mengukur jarak jauh dan juga tempat yang sulit dijangkau.
  • Mengukur jarak horisontal ketika objek tidak dapat ditargetkan dengan langsung pagar atau dinding yang berdiri digaris pandang.
  • Mengukur tidak secara langsung menggunakan tilt sensor terintegrasi, sehingga seseorang bisa mengukur dengan cepat dan mudah kemiringan hingga  ± 45 °.

Manfaat Penggunaan Distance Meter
  • Pengukuran cukup dengan satu orang yaitu dengan sinar laser.
  • Cepat pengukuran dalam jarak yang jauh.
  • Meningkatkan akurasi mengukur.
  • Dapat mengukur dalam tempat yang sempit.
  • Dan juga dapat mengukur luas dan volume.

Cara Menggunakan Distance Meter
Pertama pasang baterai 9 Volt kemudian tekan tombol on dan tentukan dan arahkan bidang atau jarak yang akan diukur. Hal ini dibutuhkan karena sasaran tembak yang nantinya menangkap sinar laser. Sinar laser kemudian akan memantulkan radiasi ke meteran elektronik. Di situlah meteran elektronik akan membaca panjang-lebar serta jarak yang telah diukur.

Distance Meter digunakan di dalam ruangan, Jika digunakan di luar ruangan maka meteran tersebut kurang bekerja maksimal akibat dari sinar matahari yang mengganggu hasil pengukuran dan hasil pengukuran tidak akurat

Alat ukur ini digunakan pada benda yang tidak tembus sinar laser seperti dinding, kayu, besi dan lain-lain.Dan juga perhatikan daya baterai alat tersebut jika daya tersebut berkurang maka hasil pengukuran tidak akurat.

Jangan banyak bergerak ketika mengukur dan juga pada saat mengukur, upayakan agar sensor alat pembaca tidak terhalang benda apapun.